Guru dan Murid adalah Aset Negara, Jangan Mudik

Menjelang libur lebaran, pemerintah RI melarang warganya untuk melakukan mudik pada 6-17 Mei 2021. Tak terkecuali guru dan murid, diharapkan tidak mudik. Ini tahun kedua mudik lebaran ditiadakan di masa pandemi. Langkah ini ditempuh untuk mencegah penyebarab Covid-19 ke berbagai wilayah di Indonesia, terutama wilayah dengan akses fasilitas kesehatan yang masih terbatas. Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia dapat meningkat apabila masyarakat tidak menerapkan pembatasan jarak, termasuk dengan tidak mudik saat wabah COVID-19 masih berlangsung.

Apa yang bisa dilakuan guru di rumah saat social distancing diantaranya adalah ketika sedang tidak mengajar, ambil kesempatan untuk beristirahat sejenak atau melakukan kegiatan yang Anda sukai (hobi) guna meringankan beban pikiran. Misalnya saja dengan memasak, membaca buku, atau bermain game. Lakukan apapun yang dapat dilakukan agar menjaga pikiran Anda teralihkan dari pandemi ini. Karena terlalu sering memikirkan virus Corona, bisa jadi membuat Anda mengalami ketakutan berlebih.

Proses pembelajaran berorientasi hendaknya pada kualitas, menggunakan kurikulum darurat, dan lebih pada kecakapan hidup sehari-hari. Orang tua sebaiknya fokus pada keunikan masing-masing anak dalam belajar. Jika anak merasa senang dan bahagia, maka kesehatan mentalnya terjaga. Tentu karena: berada dalam lingkungan yang aman merasa diperhatikan, disayang, dihargai, dipercaya oleh orang-orang dewasa di sekitarnya. Dampaknya, anak dapat belajar dengan baik, memecahkan masalah, dan bangkit dari situasi yang sulit, mengelola dan mengekspresikan emosi dengan cara yang positif, serta memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.

Murid dan guru adalah aset negara. Dengan pendidikan lah maka Bangsa Indonesia akan mencapai tujuan yang dicita-citakan. Oleh karena itu, guru dan murid tetaplah di rumah tidak mudik. Tetaplah kita wajib menerapkan protokol kesehatan yaitu sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Perlu juga bagi kita untuk melakukan vaksin.