Guru Madrasah Lolos PembaTIK Level 4 ? Mengapa Tidak ?

Pemerintah melalui Pusdatin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya meningkatkan kemampuan TIK bagi guru, salah satunya dengan mengadakan kegiatan PembaTIK yang merupakan  kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk tahun 2020 ini kegiatan pembaTIK sudah sampai pada level 4 dan untuk Sumatera Selatan baru saja selesai tahap mentoring (coaching) yang digelar selama 3 hari, 4-7 September 2020 secara daring.

Amalia, M. Pfis adalah salah satu guru yang terpilih lolos PembaTIK level 4 tahun 2020 untuk wilayah Sumatera Selatan. Mengetahui dirinya adalah satu-satunya guru madrasah yang lolos level 4 tidak menyurutkan langkahnya untuk tetap maju. Amalia merupakan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang yang pernah menjuarai guru madrasah berprestasi yang digelar oleh pemerintah kota Palembang tahun 2017. Mentoring sendiri bukan barang baru bagi Amalia yang aktif sebagai mentor di kegiatan IGI (Ikatan Guru Indonesia).

Amalia mengakui tidak mudah bisa sampai di level 4. Sebelum sampai di level ini, Amalia telah melewati level 1, 2 dan 3. Peserta pembaTIK level 1 tahun 2020 ini sebanyak 71.390 orang guru, level 2 sebanyak 13.247 orang dan level 3 sebanyak 4.332 orang. Untuk level 4 dipilih 30 peserta terbaik dari tiap provinsi.

Kegiatan level 4 telah dimulai sejak 14 September lalu dan dibuka secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Dalam Kuliah Umum Pembatik Level 4: Berbagi secara virtual, Nadiem menyebutkan Pelaksanaan PembaTIK level 4 dengan tema Berbagi Informasi Pembelajaran Berbasis TIK (dapat) mewujudkan Merdeka Belajar. Ia berharap semoga tujuan untuk menciptakan kemerdekaan dalam belajar mengajar melalui inisiatif dan inovasi bapak ibu guru dapat segera tercapai.

Mentoring Level 4 dibagi pergelombang untuk tiap wilayah dan untuk Sumatera Selatan mendapatkan gelombang ke-4. Mentoring  dibuka dengan kata sambutan dari Arief Darmawan, Sub koordinator kepala perancangan aplikasi Pusdatin. Arief menjabarkan apa saja yang menjadi tugas akhir level 4 ini yaitu blog, vlog dan sosialisasi rumah belajar. Mentoring selama tiga hari ini diisi kegiatan bimbingan untuk menyelesaikan tugas-tugas akhir tersebut.

Rangkaian kegiatan pembaTIK ini sendiri masih menyaring 5 besar tiap provinsi untuk diundang ke Jakarta di bulan November nanti. “Doakan saya, ya, supaya bisa lanjut tingkat nasional,” tutup Amalia.