Dukungan Kadis Pendidikan Kota Binjai Terhadap Program Pembatik dan Sosialisasi Portal Rumah Belajar

 

Oleh: Adriantho Benny Pasaribu

Sahabat Rumah Belajar  tahun 2020 Sumatera Utara asal kota Binjai yakni saya sendiri Adriantho Benny Pasaribu dan bapak Dedi Surbakti melakukan pertemuan untuk melaporkan kegiatan program pembaTIK yang kami ikuti sekaligus sosialisasi tentang Portal Rumah Belajar dengan kepala dinas pendidikan kota Binjai ibu Sri Ulina Ginting, S.Pd. Adapun dalam kegiatan pertemuan ini juga turut hadir bapak Kadis Kominfo H. Ahmad Ilham, SH.,MAP, Kepala Sekolah SMPN 4 Binjai Bapak Yudhi Ariestiawan S, S.Pd.,MM, ibu Kabid GTK Ollyvia A. Sembiring, kasi GTK Ibu Sri Eka Sembiring, SE dan tim di ruang kepala dinas pendidikan kota Binjai, Kamis (08 Oktober 2020).

Sambutan yang luar biasa kami rasakan dari ibu kepala dinas pendidikan kota selain memberikan dukungan semangat bagi kami, beliau juga memberikan dukungan kepada kami untuk melakukan sosialisai portal rumah belajar di kota Binjai. Di kota  Binjai sendiri sudah memiliki Learning Management System (LMS) yang telah dikembangkan oleh pemerintah kota Binjai yakni SIGUM (sistem informasi guru mengajar). Aplikasi ini sama halnya seperti penggunaan kelas maya dalam Portal Rumah Belajar. Namun SIGUM tentunya memiliki keunggulan tersendiri selain dikembangkan di kota Binjai yang lebih mudah menerima masukan perbaikan,  semua siswa dan guru yang ada dikota Binjai sudah masuk dalam aplikasi ini. sehingga memudahkan bagi siswa dan guru untuk langsung melakukan kegiatan pembelajaran dan bisa diawasi oleh kepala sekolah melalui operator SIGUM sekolah.

Dalam sosialisasi yang kami tampilkan tentang Portal Rumah Belajar di dinas pendidikan kami lebih menekankan untuk melakukan kolaborasi antara SIGUM dan Portal Rumah Belajar. Yaitu dengan memanfaatkan fitur-fitur lain selain kelas maya. Misalnya fitur Sumber Belajar, Lab Maya, TV-Edukasi, Bank Soal dan Edugame. Kami menampilkan praktik baik kolaborasi antar portal Rumah Belajar dengan SIGUM. Selain itu kami juga mengharapkan guru-guru di Kota Binjai aktif dalam menambah konten-konten pembelajaran yang ada di Portal Rumah Belajar dan aktif mengikuti perkembangan teknologi di era industri 4.0 ini.

Hal ini semakin menambah antusias dari ibu kepala dinas pendidikan dan  memberi kesempatan kepada kami untuk melakukan sosialisasi tentang portal rumah belajar. Beliau bersedia memberikan waktu dan tempat  bagi kami untuk hadir dalam kegiatan yang saat ini sedang berlangsung di kota Binjai yakni kegiatan pelatihan SIGUM untuk guru-guru di kota Binjai.

Semangat Berbagi

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Video record audiensi dan sosialisasi dapat dilihat disini:

https://www.youtube.com/watch?v=cZ3B3EwHRUc&t=5s