Rumah Belajar di SAIK Tangerang

Rumah Belajar di Pameran SAIK Tangerang, Kementerian Komunikasi dan Infromasi (Kemenkominfo) melalui Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas), menunjuk Kota Tangerang sebagai tuan rumah perhelatan akbar di bidang kehumasan yaitu Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) tahun 2018.

Perhelatan akbar yang dihelat pada 2 sampai 4 Desember 2018 ini menjadi ajang bertemunya para praktisi kehumasan, tak hanya dari pemerintahan pusat namun juga di daerah, BUMN, BUMD serta perguruan tinggi.

Dirjen Informasi dan Komnunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Niken Widiastuti menerangkan, pertemuan tersebut dihadiri tidak kurang dari 1.500 peserta dari seluruh Indonesia dan diharapkan dapat mengangkat serta memperkenalkan wajah Kota Tangerang di kancah Nasional.

“Keuntungan dari diadakannya acara SAIK adalah dapat memperkenalkan secara tidak langsung Kota Tangerang kepada perwakilan Humas dari setiap daerah,” ujar Niken.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengungkapkan kesiapannya. “Sebagai tuan rumah, segala sesuatunya harus disiapkan dengan sangat baik. Kami akan bentuk Tim khusus untuk menangani perhelatan akbar ini,” jelas Arief.

Penguntingan pita pembukaan SAIK dilakukan oleh Ibu Niken Widiastuti selaku Dirjen IKP Kemkominfo didampingi oleh Dadi Budaeri, SE. Ak. sebagai Sekda Kota Tangerang.

Nah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan produk andalan yaitu Rumah Belajar yang menyajikan portal lewat web, aplikasi android, augmented reality, dan leap motion. Rumah Belajar terdiri dari delapan fiturvutama yaitu Sumber Belajar, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Pengembangan Kep┼Ľofesian Berkelanjutan, Wahana Jelajah Ruang Angkasa dan Kelas Maya. Demo Rumah Belajar dilaksanakan oleh Ibu Roro Duta Rumah Belajar Jawa Timur dan Ibu Syamsiyah Duta Rumah Belajar DKI Jakarta

Televisi Edukasi menjaring pengunjung pameran yang berminat menjadi presenter melalui casting.

PAUD DIKMAS menyajikan buku buku bahan ajar kursus, keaksaraan, aneka majalah pendidikan, serta lomba menggambar untuk PAUD, pusbang film yang menyajikan buku-buku tentang Katalog Film dan Sensor Film.

Bahasa dan Arkeologi Nasional menyajikan penelitian arkeologi dan saat pameran ini memberi contoh penemuan kerangka manusia.

Penilaian Pendidikan menyajikan paparan tentang Ujian Nasional dan simulasi UNBK

Badan Bahasa menyajikan UKBI yaitu ujian kemahiran berbahasa Indonesia serta paparan KBBI daring dan luring.

Penelitian Siswa diwakili oleh SMA Negeri 61 Jakarta, yang menampilkan hasil penelitian yang mengkolaborasikan seni dan ilmu eksakta. SMA Negeri 61 Jakarta telah beberapa kali menjuarai Olimpiade Sains Nasional dan Olahraga.

Pendidikan Kejuruan diwakili oleh SMKN 3 Tangerang yang menyajikan produk makanan dan minuman hasil kreasi siswa.

Produk Kebijakan yaitu Balitbang menyajikan penilaian buju teks dan non teks, selain itu menyajikan buku-buku pembelajaran. SEAMOLEC menyajikan pendidikan jarak jauh, Augmented Reality, Virtual Reality, Demo dari produk kebijakan adalah Virtual Tour Museum yaitu menjelajah museum tanpa harus datang ke museum. Training Online juga disajikan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat mengenai teknologi pendidikan.

Oleh
Roro Martiningsih